Kamis, 02 April 2015

Membangun Rumah Sendiri

Membangun Rumah Sendiri - Mempunyai rumah sendiri merupakan suatu keharusan bagi orang yang sudah berkeluarga. Di daerah perkotaan dimana lahan kosong hampir sudah tidak ada, membeli rumah dijual merupakan pilihan yang jamak diambil. Ketidaktersediaan lahan dan harga tanah yang terampau tinggi menjadi pemicunya. Tapi bagaimana jika ingin membangun rumah sendiri?  

Membangun rumah sendiri memang sedikit melelahkan daripada membeli rumah yang sudah jadi. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang seperti jumlah dana yang dianggarkan dan bentuk rumah yang diinginkan.

Anggaran
Tentukan jumlah anggaran yang disediakan untuk membangun rumah tersebut. Yang dimaksud dengan anggaran adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli material dan membayar upah tukang. Masukkan juga biaya untuk membeli tanah jika sebelumnya Anda belum memiliki tanah.

Desain Rumah
Buatlah desain berdasarkan anggaran yang telah Anda siapkan di atas. Gunakan bahan bahan yang tidak terlalu mahal untuk menekan biaya.

Rancangan Anggaran Biaya
Susun rancangan anggaran belanja berdasarkan desain yang Anda tentukan sebelumnya. Hitung biaya yang diperlukan untuk membeli pasir, batu bata, besi, kayu, genteng, dan material lainnya. Anda bisa meminta bantuan seorang arsitek untuk menghitung seluruh biaya pengerjaan rumah tersebut. Ada baiknya mempersiapkan dana cadangan sebesar 10% dari total RAB yang telah dibuat.

Pemilihan Tukang
Pekerjakan tukang yang telah memiliki reputasi yang bagus. Tukang yang profesional akan bekerja sesuai dengan jadwal yang telah disusun sebelumnya. Hindari tukang yang cara kerjanya malas-malasan karena mereka akan mengulur-ulur waktu pengerjaan sehingga biaya akan membengkak.

Waktu Pembangunan
Usahakan untuk membangun rumah pada masa masa musim kemarau agar pekerjaan tidak terhambat. Cuaca kering akan membuat bangunan lebih cepat kering dan kuat dibandingkan jika dibangun pada musim hujan.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun rumah. Membangun rumah sendiri memang melelahkan, tapi hasilnya akan terbayarkan jika pengerjaan sudah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar